Senin, 16 Februari 2009

Buruknya Memasang Meta Description Tag

Memang, ahli Search Engine Optimization (SEO) selalu melabelkan meta description tag ini dengan "Strongly Recommanded" alias sangat dianjurkan tapi herannya ini akan berdampak buruk pada blog kita yang memiliki banyak tulisan atau postingan. Lho, kok bisa?.

Saya mencoba melakukan riset dengan memasang Meta Description Tag di salah satu blog yang sedang dikembangkan dua bulan belakangan ini, apa yang terjadi?. Coba perhatikan dengan seksama dalam hasil pencarian Google yang saya printscreenkan dibawah ini:Dengan Meta Description Tag  Pada postingan itu, justru yang keluar adalah deskripsi yang dipakai pada Meta Deskription Tag yang saya letakkan didalam tag head blog tersebut. Tentu saja ini akan membuat lemah postingan tersebut dalam persaingan untuk memenangkan posisi teratas di Google untuk kata kunci tertentu.

Bingung dengan apa yang saya maksud?, coba lihat satu lagi printscreen setelah Meta Deskription Tag saya tanggalkan dari Blog itu, dan ini hasilnya.
Dengan Meta Description Tag  Apa bedanya dari gambar sebelumnya, jelas sekali pada gambar kedua ini yang terlihat adalah ringkasan dari body tulisan atau postingan kita dan bukan Meta Description Tag. dan tentu saja ini sangat menguntungkan kita yang sudah menjejali kata kunci di tulisan itu.

Logikanya begini, kita memiliki personal blog yang bertema internet marketing dan kita memasang Meta Description Tag kita seperti ini :

Meta: 'Berisi tips, cara dan panduan lengkap tentang pemasaran dan internet marketing'

Jika kita membuat sebuah tulisan di blog tersebut tentang alat pembayaran online dan ingin menembak katanya kunci alat pembayaran online, paypal atau e-bay. Tentu kita akan memperbanyak tiga prasa dan kata kunci yang akan kita tembak itu, dan menebalkannya bahkan membuat warna merah pada prasa dan kata kunci tersebut.

Namun hasilnya pada ringkasan blog di hasil pencarian Google malah meta Deskcription Tag yang keluar seperti kasus gambar pertama diatas. Usaha kita dengan mengulang parasa yang sama berkali-kali, menebalkannya, membuat warna tulisannya merah seakan jadi sia-sia dan tentu saja ini berpengaruh dalam penempatan (posisi) tulisan kita itu pada hasil pencarian Google.

Nah, jika blog kita tidak menggunakan Meta Description Tag maka ringkasan tulisan atau postingan kita pada hasil pencarian Google adalah isi dari tulisan kita tadi, termasuklah prasa dan kata kunci yang telah kita ulang berkali-kali.

Percayalah, yang dilihat pertama kali oleh para pencari informasi pada hasil pencarian Google adalah judul postingan atau artikel, kemudian mereka mulai melihat deskripsi atau ringkasan tulisan itu. Tentu saja yang akan mereka klik yang sesuai dengan judul yang mereka cari bukan?

Jelaskan?? :)

26 komentar:

  1. waduh, makasih banget nih bos...
    sekarang jadi nambah ilmu lagi nih... sering-sering ya posting seperti ini :D

    BalasHapus
  2. nah itu kalo pake blogspot emang gitu jadinya, tapi kalo konten unik dan original, masih bisa kok nampil deskripsi posting. kalo pake WP, bisa diatasi dengan plugin all in one seo pack. di masing2 posting bisa diberi deskripsi sendiri. Ini juga salah alasan kenapa banyak blog blog yang mengandalkan search engine untuk meraup visitor (baca=duit) lebih banyak menggunakan Wordpress sebagai platform. karena memang lebih mudah untuk mendapatkan SERP yang bagus.
    Ini juga yang menyebabkan mengapa blog sangat jarang terlihat masuk 5 atau 10 besar dalam ssebuah kontes SEO, misal kontes Busby kmren.

    just my two cents

    BalasHapus
  3. Ooo gitu yah ... mangut2 thanks boss infonya, soalnya jarang liat post saya di google ... bnyk yg gak ke indeks hehehe

    BalasHapus
  4. Arielz: waduh.. ada yang ahli komentar disini, screenshot itu juga pake WP lho...

    BalasHapus
  5. hmmm selama ne saya blom pernah ngalami yg seperti itu :D atau karena make wp kali ya

    BalasHapus
  6. aku msh harus belajar banyak nih soal ini

    BalasHapus
  7. thanks kunjunganya bos
    wah bagus nich infonya, saya hanya bisa....maklum pemula bos. hehehe

    makaci yo

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. @obat kanker : ngiklan mulu.....hapus ajah mas....gak sesuai posting tuh....

    @arielz : weleh..pencerahan wp disini...teuteup yah pak guru

    Postingannya ttg SEO yah mas....ev'one must read this....aq jg tw nya dibhw tag head harus ada meta tag..sebatas ituh doang seh

    baru tau jelasnya disini neh...bedanya...good articles mas

    BalasHapus
  10. Yup, beberapa hari ini aku juga mengalami hal yang sama dengan mas Hendrawan tapi aku juga Lom nemuin solusinya. Di beberapa postingan Blogku yang justru ke index google malah meta deskripsi kita, padahal biasanya kalo orang2 lagi googling yang pertama kali di klik adalah hasil SE yang sesuai dengan isi posting bukan sesuai dengan meta deskripsi kita. Tapi, zuzur ane masih takut kalo ngeApus meta deskripsi coz takutnya ntar malah ngga ke index sama sekali ama mbah Googol. Ada cara lain ngga mas hendrawan?

    BalasHapus
  11. hehe... emank gt yah ternyata blgospot... tp kalo gak salah lama2 ke index kok potongan artikel nya... keep share

    BalasHapus
  12. wuah..enak nih tutorialnya..makasih mas

    BalasHapus
  13. @Tips n Trik: Iyanih, iklan aja, ntar deh tak hapus.. :)

    BalasHapus
  14. Mmm...terima kasih infonya...sangat berguna :)

    BalasHapus
  15. Benar juga, bro. Saya coba terapkan di blog saya deh

    BalasHapus
  16. Aduh sya baru mulai nge-blog mas.. naro skrip tuk meta deskripsi kyk gmn ?

    BalasHapus
  17. masih kurang ngerti ni bang
    jadi intinya tanggal dari setiap posting kita, kita bold gitu?
    sory masih nubie :o

    BalasHapus
  18. salam kenal, saya masih belum jelas ttg MDT tersebut, bru sebulan blogging jadi msih nol ilmu nya, klu bole sy minta dijelaskan via email aja mas, di guritaz_vid@yahoo.co.id

    BalasHapus
  19. Membuat judul posting blog yang ada .... saat terindex di google gimana yah ?

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. mantap tenan mas ... berguna sekali buat yg benar2 msh newbie kaya aku ... matur tengkyu tenan

    BalasHapus
  22. IMT – CDL is pioneers in DLP Management Programs with over 55000 students enrolled. IMT-CDL programs are ideally suited for Working Executives for career gworth and the PCP`s are on Weekends only. Min. Qualification: Graduate, For details, Please call Aashima (+91-9910666222) or Amit (+91-9213128288) or visit the centre at IMT – CDL Study Sentre, A-12, Sector 17, Noida – 201301, Phone : 0120-2512000, 0120-4226000

    IMT-CDL offers following programmes:
    Post Graduate Program in Management (Two Year) – Master Level
    Post Graduate Diploma Program in (One Year)
    • Business Administration
    • Marketing Management
    • Export Management
    • Financial Management
    • Material and Supply Chain Management
    • Human Resource Management
    • Retail Management
    • Insurance Management
    • Taxation
    One Year Specializations Diploma in Cyber Security by Ankit Fadia
    For Admissions Queries: Call : +91-9910666222

    BalasHapus
  23. mas ini yang aku cari kesana kemari ketemu juga..
    solusinya gmana yah..supaya description nya itu di ambil dari penggalan body postingan/arikel kita...

    BalasHapus
  24. apa templatenya perlu di oprek gitu

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)