Jumat, 13 Februari 2009

Cara, Peraturan Bertukar Link

Read In English Below

Setelah melakukan sidak di beberapa blog yang terdaftar di blog Blogger Riau ini, saya mendapati beberapa blog yang tidak memberikan link balik yang fair. Yang saya maksud dengan fair atau adil adalah: saya letakkan link blog Anda di halaman depan maka saya juga harus mendapatkan link blog saya di halaman depan blog Anda.

Beberapa kasus saya temukan. Pertama: ada kawan blogger yang meletakkan link saya di halaman postingnan atau subpage, Kedua: ada yang di halaman depan tapi tersembunyi hal ini biasanya mereka yang menggunakan daftar link list bawaan blogger yang menampilkan link dalam jumlah terbatas, seperti yang terdapat dalam blog Gadis Rantau. Ketiga mereka yang menggunakan drop down link list. Keempat: tidak saya temukan sama sekali link saya dimanapun di blog mereka, padahal link blog mereka ada dihalaman depan blog saya!

Untuk kasus kedua dan ketiga itu masih tidak fair karena search engine, mesin pencari, spiderbot, yahoobot, googlebot, tyrex dan semacamnya (semuanya crawler pencari text dan link) tidak menilai kedua hal itu sebagai link dari halaman depan. Spider tidak melihat apa-apa dengan kedua metode tersebut alias link blog saya hiden atau tersembunyi, dan tentu saja itu tak ada nilainya.

Memang ada beberapa blog yang tidak saya hapus linknya walaupun link saya tidak ada di halaman mereka atau mereka menggunakan motode kasus kedua dan ketiga tapi selebihnya saya sikat, saya sapu, saya hapus. Mohon maaf ya :)

Nah, Berikut Peraturan Bertukar Link di Blogger Riau ini:

1. Luruskan Niat Anda Dalam Bertukar Link

Tujuan sebagian dari kita dalam bertukar link adalah memperoleh link berkualitas dan meningkatkan halaman utama blog kita masing-masing walau sebagian hanya bertukar link untuk maksud yang lain. Selama tujuan kita untuk meningkatkan kualitas halaman muka blog, frontpage (contoh: http://nama-blog-kita.com/) maka kita perlu link balik dari halaman depan nan berkualitas pula. Jangan berharap link back dari halaman depan suatu blog jika Anda hanya memasang blog mereka di sub halaman atau halaman postingan seperti ini http://blog-anda.com/lokasi-tukaran-link/. Percayalah itu tidak fair.

Jadi, jika ingin bertukar link hanya untuk meningkatkan nilai pagerank sepenuhnya sebaiknya pikir-pikir dulu. Sebab, orang seperti ini cendrung menghapus atau memindahkan link partnernya dari halaman yang sesuai kesepakatan ke halaman lain. Misal, awalnya bersepakat bertukar link dengan sama meletakkan link blog masing-masing di halaman depan (frontpage), tetapi ketika salah satu sudah terkenal, tinggi pagerank-nya, banyak pula pengunjung maka, ia akan mengalihkan link tersebut ke subhalaman atau malah menghapusnya sama sekali dengan berbagai alasan. Hal ini yang tidak diinginkan.

2. Bertukaran Link: Anda Beri saya Link saya beri Anda Link Balik (Reciprocal)

Yang dimaksud dengan Reciprocal disini adalah saya meletakkan link blog Anda di halaman depan blog saya, seperti http://hendrawanonline.blogspot.com dan Anda meletakkan link blog saya pada halaman depan blog Anda, seperti http://blog-anda.blogspot.com atau http://blog-anda.wordpress.com atau http://blog-anda.com, seperti itu.

3. Judul atau Title Blog Harus Jelas

Saya berusaha meletakkan judul atau title atau anchor text link blog Anda sesuai dengan judul blog Anda yang sebenarnya, dan lakukanlah seperti apa yang saya lakukan. Judul blog Saya "Hendrawan Online, Blogger Riau" jangan rubah satu katapun. Namun jika Anda merasa itu terlalu panjang boleh "Hendrawan, Blogger Riau" saja atau "Hendrawan Riau" juga bisa atau Anda lebih senang dengan "Hendrawan" saja. Tapi jangan seperti ini: hendrawanonline, hendrawanonline.blogspot.com dan penggabungan kata lainnya, sesekali jangan. Buatlah judul itu case sensitive.

4. Peganglah Janji Anda, Profesional

Sebuah langkah yang sangat profesional dengan selalu memegang janji dan patuh pada kesepakatan awal. Jika sudah bertukar link, sepakat dimana tempatnya (misalnya sama-sama di halaman depan) harus selama-lamanya di halaman depan hingga ada kesepakatan baru. Jika ingin memindahkan link partner, hendaknya menkonfirmasikan hal ini terlebih dahulu. Dengan begitu Anda lebih profesional, dapat dipercaya dan bisa bekerjasama.

5. Jangan Gunakan rel="nofollow"

Ada saja beberapa orang yang curang, berpura-pura saling bertukar link, sesama di halaman depan tetapi link kita disematkan atribut rel="nofollow", contoh: anchor text blog kita. Artinya, walau link blog kita ada di tempat yuang berkualitas (baca halaman depan) tapi nyatanya blog kita tidak pernah diikuti oleh spiderbot dan search engine tidak pernah menganggap itu sebuah nilai link balik, bahkan link itu dianggap tidak ada oleh mesin pencari. Jadi bertukar link seperti ini tidak ada gunanya.

Mengenai beberapa hal, misalnya: di halaman depan blog Anda ada link blog saya tapi link blog Anda tidak terdapat di halaman depan blog ini, padahal Anda merasa pernah bertukar link sebelumnya. Sekali lagi saya jelaskan, lokasi link kawan-kawan sempat mengalami pemindahan, itu cukup rumit karena saya menggunakan metode otomatis sebelumnya, sedangkan yang sekarang ini menggunakan metode manual. Maka sulit bagi saya memindakannya hingga mungkin, link blog Anda tercecer.

Jadi selipkan saja komentar di blog ini "bahwa Anda telah memasang link blog saya di halaman depan blog Anda sesuai dengan judul title blog saya, atau sebut saja "Link blog saya hilang" maka link Anda secepatnya akan saya pasang di blog ini, terima kasih.

Exchange Link's Term

Only accept exchange link on in front of blog (homepage), it was fair if you add my link in subpage or in posting page and I do so. But, I only want to do xlink in term of in homepage's xlink.

- Add my link
http://hendrawanonline.blogspot.com/

- The exactly text (case sensitive)
Hendrawan, Blogger Riau

- Tell me that added my link on your blog's homepage so I can do it too.

NB: Blog/Site which was inactive more than six months will be removed automatically.

44 komentar:

  1. terima kasih mas, atas pencerahannya, semoga blogger riau makin kompak...

    BalasHapus
  2. hmmm...
    Selama ini aku tidak terlalu memperhatikan apakah linkku juga dipasang atau tidak sama yang ngajak tukeran link...tapi sekarang jadi ngerti nih...seberapa pentingnya link kita dipasang sama temen...
    oh ya mas..link yang kupasang sudah sesuai apa belum?? diblogku banyak yang kutaruh di link my friend sama di bloglist(yang terbaru)...apa berarti aku kasih linknya dobel?? Atau perlu pakai 1 aja?? misalnya dibloglist..(aku lebih suka menaruh disitu karena bisa melihat updatean yg baru)
    tolong jelasin yahhh
    Thanks a lot

    BalasHapus
  3. nais inpo nya gan....
    moga2 gak ada yang ngasal tuker2an....

    BalasHapus
  4. bener neh mas hgarus ditiru neh cara bertukar linknya

    BalasHapus
  5. kalo tukerna link pake duit ?
    boleh ga bang ? :D

    BalasHapus
  6. Perkenalkan saya tukang bloger baru nih,saya dukung tuh yang namanya tukar link,pada mas hendrawan mohon bantuannya.saya akan pasang link nya.

    terima kasih

    BalasHapus
  7. waduh..gt ya..aku ga th lho..ya maap,tp link ku mau deh di situ hihi..

    BalasHapus
  8. @Suryaden: Amin..

    @Atca:Pasang satu aja, untuk mana yang bagus itu kembali pada diri masing-masing, tapi saya kurang suka blog list, karena kurang adil..

    @Tokoeasy: boleh aja kalo ada duit.. :)

    @ADE: ok, silakan nanti saya cek dan pasang..

    BalasHapus
  9. saya sudah memsang link ke situs anda,mohon linkback nya...thanks...

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. hendrawan,
    saya telah add link kamu di front page blog saya. harap kamu linkback balik ya? thanks :)

    BalasHapus
  12. exchange link, mau?
    confirm bos klo mau yah

    BalasHapus
  13. gimana kalo kita link exchange lagi dengan blog ini? dari r3gel@yahoo.com,

    masih ada ne beberapa lagi yang bisa dongkrak RiauGo.com

    BalasHapus
  14. terima kasih buat pencerahan nya, mohon penjelasan lebih lanjut pada point nomor 5.
    1. Bagaimana cara mengecek rel:nofollow itu ?
    2. Benarkah search engine tidak pernah menganggap itu sebuah nilai link balik ? gimana tuh bos skema SEO dll nya ?
    3. Untuk link exchange yang kita buat manual dengan posting permanen dan di taruh pada TAB home, arsip, dll. Apakah itu bernilai backlink juga (padahal pada program paid review, hal itu tidak dipermasalahkan para broker).

    sebelumnya terimakasih atas info yang menarik ini, Didi yang belum menguasai ini juga merasakan terkejut bila dikatakan "curang" dalam hal ini. Mohon kiranya bos dapat membantu untuk hal tersebut, Didi mendapatkan pelajaran yang sangat berharga akan hal ini.

    Salam sukses ...

    Didi - dukonbesar.com

    BalasHapus
  15. @Didi
    1. Pada browser firefox tekan CTRL+U lalu setelah halama baru terbuka (berisi source kode) tekan CTRL+F, lalu ketikkan judul link yang akan dicek.. lalu lihat tag setelah Judul link

    cek diantara a sampai ../a kalo ada tag rel=nofollow" itu dia yang Anda cari...

    2. Tentu saja, itu bukan linkback
    3. Curang karena tidak adil.. karena disini saya kasih linkback dari halaman depan, masak Anda kasi saya link dari subpage, halaman depan bisa saja pageranknya 3 atau 4, sementara subpage atau halaman postingan siapa berani jamin ia punya nilai pagerank?, memang ia masih bernilai baclink, tapi masih kualitas rendah......

    Itu pula alasannya google membantai habis2an Pagerank blog yang ikut program jual textlink seperti ask2link.com daripada paid review yang masih "dikasihani"...

    BalasHapus
  16. Salam sukses,

    Terimakasih banyak atas informasinya.
    Menurut Didi untuk nomor 3 itu adalah kepercayaan dan kesepakatan keduabelah pihak untuk menjalaninya. Tentunya bila salah satu tidak mengetahui point-point kebersamaan itu, barulah bisa dikatakan curang.

    Sekali lagi terima kasih banyak atas pencerahannya, Didi dukung point 1 dari posting ini > LURUSKAN NIAT ...

    salam sukses selalu ...

    Didi

    BalasHapus
  17. @Didi: Ya itu betul, tergantung kesepakatan :)

    BalasHapus
  18. thanks!You made some good points there. I did a search on the topic and found most people will agree with your blog.It will greatly help me in my activities.
    Thanks though, i’m glad some people share good stuff like this! It will greatly help me in my activities

    BalasHapus
  19. @Pagerank: wew.. I'm afriad that you don't understand my written English, but you get what my point in this bad Indonesian language?, you're so great... (I don't wish you use google transl)

    Thanks.

    BalasHapus
  20. Halo mas, saya dari http://lyricsmandarin.blogspot.com
    ingin bertukar link dengan mas, semua persyaratannya akan saya patuhi
    link mas sudah saya add,mohon dicek
    kalo permintaan saya dikabulkan saya ucapkan terima kasih banyak

    BalasHapus
  21. lm knl...
    thx informasinya...^_^

    BalasHapus
  22. ikutan tukeran link donk pak..
    link bapak sudah saya letakkan dihalaman depan blog saya http://novertaeffendi.net

    BalasHapus
  23. ok bang, sudah di add, please add my link here...

    BalasHapus
  24. tukar alamat blog saya mas, dari http://www.eo-advertising.blogspot.com/ menjadi http://www.blogkaryabersama.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. sob, saya ketemu blog bagus, list blog world, sekedar informasi aja

    www.listblogworld.blogspot.com

    BalasHapus
  26. om..link nya sudah saya letak di blog saya, mohon di review dan di tunggu komentnya....

    BalasHapus
  27. mas blog ini sudah saya taruh dihalaman depan blog saya. Mohon dicek dulu, jika memenuhi syarat mohon blog saya juga dtampilkan sperti perjanjian diatas.
    thanks

    BalasHapus
  28. mas linknya sudah di pasang (H) mohon di link balik ya http://pelangiholiday.wordpress.com

    BalasHapus
  29. Your link has appeared in http://boisterousgirl.wordpress.com/your-links-here/ .. Would be glad if you linked mine too. :)

    BalasHapus
  30. nice blog..can we exchange link? i've already add your link... if you can please add my link too..thx

    BalasHapus
  31. NICE blog
    Your link has been added in my blog
    add mine too, OK cuy

    BalasHapus
  32. Linknya sudah terpasang, dipasang juga yang gan ...terima kasih

    BalasHapus
  33. Maaf mau nanya ni ... apakah Link Hendra yang saya pasang diblog saya sudah pas pada tempatnya, kalau sudah pas pasang juga ya link saya ...kalau tidak keberatan ni

    BalasHapus
  34. terima kasih atas infonya bro....jadi saya tau bener bagaimana harusnya melakukan tukaran link....
    oh ya bro.. Link nya si bro dah kita masukin tu di 2 blog sekaligus.....(mohon di cek)
    http://www.internetmarketingroyalty.com dan
    http://islamicbankinginfo.blogspot.com/....

    ditunggu Link Baliknya ya bro.....
    oh ya satu lagi mohon commentnya ya bro di masing2 blog kita......



    Thanks....
    salam sukses.

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)