Spiga

Sarapan (Makan Pagi) Yang Sehat

Sejenak bercerita tentang sarapan atau makan pagi. Ada pertanyaan, lebih bagus disebut sarapan atau makan pagi?. Mungkin tergantung pada kita bagaimana mengartikan kebiasan yang dilakukan sebagaian besar orang negeri Indonesia ini, bukan?.

Sarapan atau makan pagi menurut dokter dan pakar kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kegiatan kita pagi itu, walau itu tidak berlaku bagi sebagain orang. Malah ada sebagain orang mendapatkan masalah jika makan pagi atau sarapan. Pertanyaannya jam berapa sebaiknya melakukan makan pagi ini?

Menurut pribadi, sebelum kita melakukan aktifitas rutin yang berat di pagi hari adalah waktu bagus untuk melakukan sarapan. Jika di rumah saya - yang tergolong keluarga sibuk - makan pagi tidak teratur. Adik saya makan pukul 6.00 WIB, Bapak dan Ibu mungkin sarapan jam 9 atau 10 karena harus menghabiskan waku di perjalanan menuju tempat kerja masing-masing, jika saya sendiri paling telat pukul 8.00 WIB.

Sarapan atau Makan Pagi Yang Sehat.



Tentu saja ini dari pandangan saya. Tapi pagi ini, jika dinilai dari segi gizi sarapan saya kurang sehat, coba perhatikan apa yang menjadi menu saya.

Nasi putih hangat empat sendok makan, lalu sebilah ikan asin kembung, tiga sendok selai kacang (maksud saya kacang yang digiling atau dihaluskan dicampurkan dengan sedikit garam dan air hingga kelihatan seperti kuah pecal), ditambah cabe merah goreng dan diatas itu semua saya tuangkan kecap asin impor negeri seberang.

Kebiasan saya, makan pagi itu adalah full alias porsi penuh. Karena pagi merupakan puncak kesibukan dan memerlukan suplai tenaga yang banyak. Jadi saya pun menambah tiga sendok nasi lagi, dua sendok selai kacang, kecap dan ikan asin lagi. Setelah habis saya minum seglas air, kemudian menutup sarapan pagi dengan tiga buah pisang boyan (pisang manis yang berukuran kecil) dan dua gelas air putih.

Apa menu diatas sehat?, saya tidak tahu. Lalu yang sehat versi Anda bagaiamana?, tanyakan pada dokter dan pakar kesehatn Anda.. :)


Artikel dan Cerita lainnya



6 komentar:

  munawar am

10 Februari 2009 20.36

sarapan pagi bisa mencegah berbagai macam penyakit; ini kata pakar kesehatan; membiasakan sarapan pagi juga sangat baik tentunya; rutin dan tidak telat2 banget

  sibaho

10 Februari 2009 20.42

busyet, 7 sendok nasi? emang kenyang :D
itu mah sehat di kantong, kurus di badan... kekekek...

  Hendrawan

11 Februari 2009 11.31

@Sibaho: Sendok nasi saya besar loh... ^_^

  shalimow.com

13 Februari 2009 09.47

ngikut sarapan donk!
aku nggak valentine, istighozah aja..hehehe

thanks atas link nya. siip

  Anonim

9 Februari 2010 14.40

Bukan ukuran sendok nasi mungkin, sendok Tembok...

  Anonim

4 November 2010 10.12

makan pagi atau sarapan pagi itu bagi saya penting sekali. terutama untuk daya tahan tubuh kita terhadap penyakit. sebagai contoh dulu saya mudah sekali kena flu. cuaca berubah-rubah dikit jadi kena, trus ada orang yg flu di dekat saya juga bisa langsung nular ke saya. nah, setelah saya googling dapat banyak penelitian yg mengatakan bahwa makan pagi terutama di bawah jam 8 pagi sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan hasilnya luar biasa, daya tahan tubuh saya benar2 meningkat khususnya untuk menangkal serangan flu, dan badan gak mudah drop...... silahkan di coba!!

Poskan Komentar

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)