Sabtu, 21 Maret 2009

PNPM Mandiri Riau, Sampai Rumah Saya

Nah, beberapa waktu lalu datanglah partner bisnis (tidak se-formal yang Anda pikirkan) Emak Saya ke rumah, dan tiba-tiba saja ingin meminjam foto kopi KTP. Saya yang terkenal sangat protektif ini, langsung keluar dari kamar meninggalkan komputer usang itu. Maklum, ini hal wajib saya ketahui, untuk mengantisipasi penipuan dan sejenisnya.

Partner bisnis Emak ini ingin membuat suatu kelompok usaha yang terdiri dari dua belas orang, dan katany ada orang yang akan meminjamkan modal. Kecurigaan saya meningkat, jangan-jangan rentenir ni??!. Setelah jauh mendengar dan mengawasi ternyata ini adalah program PNPM Mandiri.

Apa Anda perlu tahu PNPM yang mana yang saya maksud?. PNPM yang dimaksud adalah tentu saja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat yang sempat populer di iklan-iklan Televisi. Sesuai dengan namanya, program yang dirancang oleh pemerintahan SBY ini memberikan bantuan kepada masyarakat berupa barang dan tunai. Pengembalian pinjaman itu sendiri dijamin oleh Pemerintah sepenuhnya.

Saya heran, kenapa masih ada pemerintah daerah di tanah air menolak program yang menurut hemat Saya cukup bagus ini. umumnya mereka yang menolak curiga bahwa, ini akal-akalan SBY yang ada maksud berkampanye dibelakangnya. Para Pemerintah Daerah ini-pun menghalang-halangi bahkan menolak PNPM Mandiri.

Cobalah berpikir positif, pemerintah ingin meningkatkan taraf hidup rakyat. Saya bukan pro-Demokrat, tetapi apa saja program yang bagus untuk kemajuan ekonomi mikro harus kita dukung sepenuhnya. Jika betul yang disangka-sangka segelintir orang tentang kampanye terselubung SBY itu, seharusnya Partner Bisnis Emak saya ini mengelu-elukan SBY yang memberikan bantuan, atau setidaknya membawa embel-embel Demokrat-lah. Namun, hal yang serupa itu tak saya temukan walau se-cuil-pun.

9 komentar:

  1. apa kabar mas hendra
    situsnya PNPM mandiri perkotaan: www.p2kp.org

    thanks ya

    BalasHapus
  2. apa pun, jika dilakukan dengan benar akan membawa kebaikan.

    BalasHapus
  3. Kapan ya PNPM mampir kerumah ku tuk ngopi bareng, denger2 PNPM murah hatinya seneng nraktir...!!

    *kabur...

    BalasHapus
  4. Pingin diampiri oleh PNPM Mandiri juga hhehe.

    BalasHapus
  5. ya coba berpikir positif aja
    lha wong PNPM ini dikelola di kantorku

    BalasHapus
  6. tidak perlu heran bro jika masih ada pemerintah daerah di tanah air menolak program PNPM ini, secara pemda tersebut mempunyai program yang sejenis dan tentunya mungkin sudah berjalan kerjasama atau bermitra dengan BUMD yang ada seperti Bank Pembangunan Daerah ataupun melalui BPR, kemudian biasanya pemerintah daerah di tanah air menolak program PNPM kepala daerah didaerah tersebut tidak sejalan ataupun beda partai dengan pencetus program PNPM ini.

    BalasHapus
  7. Kenapa ya...program seperti ini harus ada nuansa politiknya...

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)