Minggu, 31 Mei 2009

DirectAdmin, Apa itu?

DirectAdmin, wah.. bagi saya yang baru melek internet dua tahun lalu ini jadi bingung deh. Kalo diterjemahkan ke bahasa Inggris mentah-mentah (secara mahasiswa bahas Inggris gitu lho): Direct artinya langsung, sementara Admin artinya administrator atau pengatur. Jadi, artinya pengatur langsung. Ha...ha..3x suka-suka aja nih ngartiinnya.

Terlepas dari arti itu semua - terserahlah sang penemu mau kasih nama apa iya nggak? - yang jelas DirectAdmin ini adalah salah satu aplikasi untuk mengatur file-file hostingan website atau situs. Jadi install wordpress atau joomla melalui DirectAdmin ini. Mungkin, bagi yang sudah terbiasa dengan Cpanel yang ada Fantastico Deluxe-nya, maka akan merasa kaku ketika dihadapkan pada interface DirectAdmin.

Saya mulai bergulat dengan DirectAdmin ini sejak XpresiRiau.Com pindah ke VPS (virtual private server) yang harganya selangit ituh. Padahal sebelumnya udah PW sama CPanel. Tampilan tombol-tombolnya sangat jauh berbeda kawan. Untuk tahap awal memang agak ribet tapi seiring waktu kita akan PW (posisi wenak) juga. Walau sudah hampir 3 minggu hijrah ke DirectAdmin tapi baru terhitung 4 (empat) kali buka.

Jadi, bagi kawan-kawan yang sudah pernah coba DirectAdmin, bagi-bagi dong pengalaman dan tips-nya. Tapi kalo mau nanya-nanya tentang DirectAdmin juga boleh, tanya-tanya tentang Cpanel juga masih boleh, selagi saya bisa menjawab..

12 komentar:

  1. wah casualcutie ga ngerti ttg direct admin!!! hooo....ajarin donk bang!!!

    BalasHapus
  2. waduh, kalo DirectAdmin belum pernah tuch bang... Biasa pake Cpanel di 000webhost.com , hehehe :D di blog ane yg gratisan www.dewyazura.co.cc

    tapi disana pun fantastico nya lg d upgrade, jg mesti pake filezilla dech...

    BalasHapus
  3. waduh kalo ane bisa tambah pusing nich, pake cpanel aja kadang2 manggil temen tu, pake directadmin pa lagi

    BalasHapus
  4. i this this is to hard, i have try it

    BalasHapus
  5. Waduh, sayang'nya saia blum tau tuh bozzz.. Haha..

    BalasHapus
  6. Iya jangankan Direct Admin, CPanel juga gak pernah megang.. hehe

    BalasHapus
  7. Thanks for you information, very support
    Good Luck

    BalasHapus
  8. Makasih infonya yah mas hend, usul: posting yang banyak and seribg sering aku kunjungi, he he

    BalasHapus
  9. thanks infonya sangat membantu sekali

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)