Rabu, 06 Mei 2009

Jangan Sepelekan Term of Service

Sebagian besar dari kita adalah TOS Ignorant, atau tidak menghiraukan Term of Service (ketentuan layanan), dan menganggap hal ini sepele. Tahunya maen centang dan tekan ENTER. Kalu bukan "kita" mungkin hanya saya yang berprilaku "tidak senonoh" seperti itu barangkali.

Nah, sementara menyimpan sedih suspeded XpresiRiau.Com, saya coba introspeksi diri. Pada awal-awal register domain dan hosting empat bulan lalu, kesalahan terbesar saya justru bukan karena memilih hosting asal murah saja, tetapi kelalaian dalam membaca ketentuan layanan. Akhirnya, saya bisa saksikan dengan pahit kecuaian dan kebodohan sendiri.

Salah satu TOS penyedia hosting dimana XpresiRiau.com bernaung adalah:

Tidak boleh menggunakan sumberdaya 20% lebih dari 90 detik

Maka blog berpagviews lebih 5000-an perhari itu sudah memakan 70% sumberdaya server. Entah berapa situs yang gerakan loading halamannya melambat. Dulu, awal-awalnya penyedia hosting ini menampilkan list-list client-nya namun kini raib. Mungkin, karena sudah ramai kali ya.
Memang Bang Chodirin juga pernah komplain kepada penyedia hosting ini, tapi nasi sudah jadi bubur dan tidak bisa dirubah jadi bubur ayam karena sudah basi.

Sepele terhadap TOS memang fatal, ini baru hal kecil di dunia maya. Kalau saja saya membeli tanah, menyewa rumah, perjanjian bertanda tangan lainnya, tentu akibatnya berlipat ganda lagi bukan. Memang, saya masih hijau!

8 komentar:

  1. Emang bener BRo....kita kadang tak pernah ngintip TOS, asal ceklik asal OK, I accept tanpa nengok apa isi dalemnya.....HAl ini menjadi pelajaran berarti bagiku....

    BalasHapus
  2. biasanya kita begitu, karena kita menganggap TOS tidak berpengaruh...

    salam kenal

    BalasHapus
  3. iya nih, terima kasih sudah berbagi pengalaman. Tipikal sebagian besar orang Indonesia, maunya yang praktis...karena hal yg dianggap kecil/sepele urusan bisa jadi runyam

    BalasHapus
  4. nah justru TOS itu yang ga pernah kubaca
    panjang banget seehhhh

    BalasHapus
  5. makanya domainku kembali ke blogger, hosting bayar aja banyak yg payah, apa lg hosying gratisan

    BalasHapus
  6. wah bagus infonyah....sering2 posting dehh

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)