Spiga

Apakah Hak Angket Itu?

Hak Angket DPR - Saya akhirnya terbawa euforia hak angket Bank Century dan Hak Angket Mafia Pajak juga. So, bagi yang masih bertanya-tanya apa itu Hak Angket, inilah jawabannya:

Hak angket adalah salah satu hak DPR yang diajukan kepada pemerintah (presiden) untuk membuat sebuah persoalan kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah menjadi terang. Itu hakikatnya.

Hak angket yang saat ini sedang bergulir memang sarat dengan muatan politik. Apakah ini untuk kepentingan rakyat? namun rakyat terus dibawa-bawa untuk memuluskan hak angket, woro-woro, masyarakat aja ada yang masih tidak tahu apa arti hak angket.

Hak angket adalah salah satu hak kontrol DPR, hak angket merupakan hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan Eksekutif atau Pemerintah. Namun seringkali hak angket dipersepsikan sebagai "momok" politik oleh baik Eksekutif maupun DPR pendukung pemerintah. Padahal hak angket perlu dilakukan bila memang kebijakan pemerintah tersebut masih diragukan seperti dengan kenaikan BBM, Kasus Century atau hak angket untuk mafia pajak baru-baru ini.


Jika kebijakan pemerintah merugikan kepentingan orang banyak, maka hak angket dapat digunakan untuk memberikan kejelasan kepada seluruh masyarakat kenapa kebijakan tertentu diambil oleh pemerintah. Terkadang perlu dicermati pula apakah pemerintah maupun DPR yang mendukung pemerintah sudah memahami secara dewasa terhadap pentingnya hak angket. Hak angket sepertinya dianggap untuk menjatuhkan kewibawaan pemerintah.

Defenisi, arti, maksud Hak Angket oleh Hendrawan dari Berbagai Sumber.


Artikel dan Cerita lainnya



18 komentar:

  Joddie

3 Desember 2009 13.01

he..he.. sebenarnya itu pelajaran SD yah? tapi aku juga udah lupa.. hi.hi..

  shalimow

3 Desember 2009 21.57

ayo maju terus angket, perankan fungsimu secara max untuk perubahan, wahaiiii
tx hend

  pro tain

3 Desember 2009 21.58

negeri yang korupt apa jadinya kalo wakilnya melindungi koruptor, kiamaaaaaaat. makanya....majuuuuuuuuuuuuuuu

  Anonim

3 Desember 2009 23.27

angket bank century..hawa kompromi politik nya..kian mnusuk hidung..

  Andie Gokil

4 Desember 2009 10.03

hahahaha. baru ngerti ak hak angket itu apa. hehe. *tetep ga ngerti* btw, ini kelimaks?

  sewa mobil di surabaya

4 Desember 2009 14.45

angket terus ke atas biar terus meningkat. :D

  Hendrawan

5 Desember 2009 18.27

Itu angkat bro... :D

  Ezuca

7 Desember 2009 07.37

hi friend! nice site you've got here...can we xlinks? ^_^

  Tony

7 Desember 2009 08.45

makasih info nya kang aku baru sedikit punya gambaran tentang angket ini

  travel murah surabaya - denpasar

7 Desember 2009 10.41

harus jadi anggota DPR dulu ya baru dapat hak angket.

  blogdotblog

8 Desember 2009 15.21

hendra you link on relation link, OK

  missvy.....

10 Desember 2009 17.10

weisss kren yah.....

  thepenks

12 Desember 2009 17.49

padahal dulu sewaktu masih status pelajar aku tahu itu... tapi sekarang lupa.. hanya bilang "ya ya ya.. tanpa tau arti"...

  pasang iklan baris tanpa daftar

30 Desember 2009 15.42

bisakah saya punya hak angket ??

  sewa mobil

23 Desember 2010 16.22

makasih buat infonya

  sewa mobil

24 Desember 2010 16.29

makasih buat infonya

  sewa mobil murah

10 Januari 2011 15.34

makasih buat infonya

  bu imah

18 Maret 2011 13.41

ooh baru tau apa itu hak angket yg lg bikin ribut perpolitikan..istilah gampangnya kritikan bawahan kepada atasan..gitu ya..

Poskan Komentar

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)