Selasa, 18 Mei 2010

Hasil Sensus Penduduk Riau 2010

Sensus penduduk di Riau sedang berjalan, sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Mungkin sudah masuk ambang akhir dan hasil sensus pun tak lama lagi akan didapat.

Mengapa sudah diambang akhir? karena petugas sensus 2010 sudah datang ke rumah saya, Minggu, 16 Mei sore lalu sekitar pukul 17.30 WIB. Rumah kami berada tepat di perbatasan kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, artinya RT kamilah RT terakhir menjelang masuk kabupaten Kampar, alias di ujung masa sensus kalau sensus penduduk dimulai dari awal atau dari lokasi yang paling dekat dengan pusat kota.

Seorang lelaki berkulit coklat menghampiri saya, yang masih kesal atas kekalahan tim Thomas Indonesia atas China. Terpaksalah melayani si Abang ini sebagai warga kota yang baik.

Banyak tanya dia seputar seisi rumah, secara umum berkaitan dengan sensus penduduk. Dia tanya suku Bapak lalu saya tanya dia balik, "apa penting itu?", "penting" seraya memperlihatkan daftar pertanyaan. Di kota besar ini, saya kira tidak saatnya lagi menanyakan suku apa, agak aneh...

Lalu dia tanya satu persatu tempat dan tanggal lahir semua orang di rumah. Sekali lagi saya merasa janggal dan agak malas menjawabnya.. Mungkin ini dipengaruhi oleh budaya orang-orang Eropa atau Amerika mungkin, yang masih tabu menanyakan tanggal lahir/umur seseorang. Dengan berat dijawab juga akhirnya.

Selain itu hal lain diluar sensus juga ditanyakan, "disini menggunakan gas... Atau minyak tanah?" ini mungkin untuk menyensus konversi minyak tanah, yang saya pikir telat dua tahun sampai ke rumah kami terhitung sejak pertama kali dicanangkan oleh Yusuf Kalla yang baru saja berumur 68 tahun pada Jumat 15 Mei lalu.

Lalu hasil sensus penduduknya? Ketahuan lah bahwa saya ini, Hendrawan bukan orang Tiong Hoa yang membawa Indonesia terakhir kali menyabet juara Piala Thomas tahun 2002, bukan juga orang jawa tapi Hendrawan seorang Melayu...

11 komentar:

  1. wuihhhhhhhh udah ada hasilnya
    jiahahaha...

    BalasHapus
  2. memang masih proses terus sensusnya,
    smoga data valid dan bps tidak hanya asal keluar data
    mkci mas

    BalasHapus
  3. wakakak om bisaan aza y
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  4. Baru2 ne.. tengok di TV, banyak tuna wisma yang introgasi seputar sensus, mudah2an sensus pnddk di Riau berjalan dg lancr...

    BalasHapus
  5. pas disensus aku lagi tidur....(doh)

    BalasHapus
  6. semoga aja data hasil sensus itu sesuai dengan yang ada dilapangan sehingga bisa dijadikan pedoman bagi para pemimpin kita untuk lebih memperhatikan banyaknya masyarakat kita yang hidup di bawah bayang2 kemiskinan dan penderitaan..

    BalasHapus
  7. jadi baru ketahuan kalau Hendrawan ini orang Melayu pas sensus penduduk kemarin itu..? *kaget*
    :p

    BalasHapus
  8. Sptnya waktu disensus kemarin aku gak ditanya deh tentang suku-ku... hahaha

    BalasHapus
  9. Iya, suka aneh pertanyaannya. Tapi mungkin itu untuk pendekatan aja mas, alias basa basi. hehehe

    BalasHapus
  10. @Blue: salam hangat kembali
    @catatan kecilku: Wah. kaget dia
    @The fachia: Mingkin juga

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)