Selasa, 04 Mei 2010

Pertumbuhan Kota yang Extreme!

Sudah sepuluh tahun sudah aku ini merantau dari kampung halaman nun jauh disana. Uppss... mungkin sudah sebelas tahun. Seandainya jadi aku pulang tahun ini, setelah hampir tiga tahun tidak pulang, masihkah kampung itu serasa kampungku?

Sejak dilahirkan, aku tinggal disana hingga umurku beranjak sepuluh tahun. Entah aku tidak memperhatikan atau bagaimana tapi yang jelas, desa itu sangat statis perkembangannya. Itu ke itu saja. Sudahlah...

Nah, karena itu pula setelah tinggal di "kota panas" ini selama kurang lebih enam tahun, aku terkejut dengan perkembangannya yang kukira ekstrim (padahal akunya yang ndeso...).

Ada satu jalan yang sejak SMA jadi langgananku. Sejak kuliah atau sudah hampir tiga tahun aku tidak pernah lagi lewat jalan motong yang jelek, berjembatan kacau, bla-bla.. intinya jalan itu serem!

Jadi, sore itu, karena Pekanbaru macet, salah satu indikator perkembangan ekstrim itu, aku kembali masuk jalan potong favoritku itu.

Pertama agak ragu, karena jalan masuk sudah tidak lagi setinggi dulu. Jika dulu jarak aspal ke tanah hampir 1/2 kaki tingginya (seremkan kalo mesin motorku nyangkut pas mau turun dari aspal). Tapi itu rendah, jalannya mulus. Seraya menggas pelan-pelan motor, kulihat jembatan... Wah! mulus dan jembatannya kokoh dengan kontruksi setengah beton. Kalau dulu cuma kayu dan beberapa meter menjelang ban masuk jembatan, lubangnya nggak karuan. Gadang-gadang lubangnyo, anjiang ilang kok lewaik situ.... wakakaka..

Setelah lewat jembatan, kulihat sebuah rumah yang dulu sering aku lewati. Onde Mak! dulu rumah itu masih berdinding bata dan berpagar kayu lapuok. Sekarang catnya aja bikin silau, ditambah pula pagar full keliling beton. dan Hmm.. salut, baru tiga tahun kurag dahsyat/Extreme perkembangannya!

Tapi aku heran, dulu... di depan rumah ini ada jalan setapak yang mengantarkan aku ke jalan utama jalan motong itu, tapi sekarang jalan itu sudah raib!, apa karena sudah dipindahkan? aku cari terus tapi alih-alih kutemukan jalan buntu. Ujung jalan tertumbuk rumah orang!

Teng... deng.., ten... deng.. tendeng.. dendeng..dendeng..
(kaya backsound film Prahara Prabu Siliwangi gitu lho)

What a F*ck! aku tersesat!, jalan motong itu masih beberapa meter dari simpang jalan masuk jalan sialan ini!

NB: Bukan sekali ini saja aku tersesat, waktu SMA dulu juga pernah dua kali tersesat. Jadi kayak rusa aku ya, dua tiga kali tetap aja kena jerat di kaki belakang... tersesat di tempat yang sama..... wakakakaka

9 komentar:

  1. hahahaha, lost in your own city :D

    BalasHapus
  2. pekan baru memang semakin menggeliat ya mas
    makaci

    BalasHapus
  3. perekbangan kota tak terelakkan
    kalao tidak dibarengi dengan perencatnaan tata kota yang baik akan berabe
    makaci bos

    BalasHapus
  4. jiahahahahahaha..........
    jalan itu mungkin warga yang punya
    lalu diilanginnya untuk dijual

    ilang dehhhh

    pesen baju
    baca inbox fb

    BalasHapus
  5. wah..., enaknya kembali ke kampung halaman.., jadi rindu juga nih mau pulang kampung...
    he..he..he...

    salam kenal mas dari http://shiddiqblog.com

    BalasHapus
  6. memang riau tempat enak cari uang
    hidup anak riau
    kunjungi blog anak riau
    http://ikofx-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  7. memang riau tempat enak cari uang
    hidup anak riau
    kunjungi blog anak riau
    http://ikofx-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wah sma donk, anak prantauan.......

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)