Rabu, 18 Maret 2009

Blogger Riau, Dibalik Filosofi

Blogger Riau? wah pusing. Mulai sejak tulisan ini diterbitkan pertama kali memang tidak ada perubahan dengan judul (title) blog ini, Hendrawan Online, Blogger Riau. Hanya saja, diharapkan dengan adanya sekelumit penjelesan tentang filosofi dari peletakan kata-kata "Blogger Riau" pada judul Hendrawan Online ini, dapat dipahami mengapa kata-kata itu disematkan.

Sebagaimana pernyataan-pernyataan umum seperti Blogger Indonesia, Blogger Sumatra, Blogger Kuansing dan lainnya, Blogger Riau juga mutlak mengisyaratkan bahwa si Blogger (pemiliki blog) berasal dari kawasan yang disebutkan, seperti blog ini, diRiau. Peletakan embel-embel ini bukan sekedar tersinpirasi dari Bang A. Fatih Syuhud yang meletakkan embel-embel Blogger Indonesia diujung judul blognya tapi lebih dari itu.

Riau terkenal karena Melayu-nya, Budaya-nya, karya-karya sastra-nya atau mungkin bisa saja karena kekayaan minyaknya. Yang terpenting adalah karya-karya sastra dan Budaya-nya.

Ruh bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu, Riau terkenal sebagai tempat lahirnya karya-karya kesusatraan. Di tempat ini subur dengan karya tulis menulis, mulai dari zaman Raja Ali Haji, Soeman Hs sampai Fakhrunnas MA Jabbar yang sekejap lagi akan tergantikan itu.

Menilik dari itu semua, intinya adalah menulis. Jadi Blogger Riau seharusnya seorang penulis cakap, pengamat teliti, berbudaya, selalu berkarya dan tidak asal-asalan, bukan ikut-ikutan dan tidak main-main. Walau terkadang Blogger Riau ini ada yang latah dan sering pula menyanyah.

10 komentar:

  1. salam kenal aja deh buat seluruh blogger riau..

    BalasHapus
  2. Gw jadi blogger riau matre aja deh bro.. wkwkkwkwkw.....

    BalasHapus
  3. saatnya pemuda-pemudi pekanbaru dan riau berbicara, mari kita berblog ria, JADIKAN BLOG SEBAGAI WADAH BERTUKAR PIKIRAN SECARA JERNIH,INTELEK,SIMPATIK DAN SALING MENGHORMATI. sudah saatnya pemuda-pemudi dari pekanbaru atau Riau tampil maju, intelek, konsepsional, penuh percaya diri dan berakhlak mulia. salam sesama blogger bertuah pekanbaru

    BalasHapus
  4. bahasa melayu riau itu seksi menurut saya. beda dengan bahasa jawa yang bikin bibir monyong karena kebanyakan huruf O (maaf ya, bukannya meledek atau merendahkan orang jawa).

    BalasHapus
  5. Duuuhhh yang jurnalis sejati... Wakakaka... keep blogging bro.

    @Penyamun : Hmmm... memanglah Bapak satu nih.. Hehehe

    BalasHapus
  6. Sesuai semangat IjoPunkJutee, KeBebaSan beRkReasi....tanpa batasan kecuali pertanggung jawaban atas karya yang dihasilkan.....

    BalasHapus
  7. Riau emg kaya akan khasanah seni budaya nya...
    oleh sebab itu.... terlahirlah blog sungaikuantan.com ini.....
    sebuah blog yg berisikan tulisan dan foto2 khasanah seni budaya melayu rantau kuantan.
    yaitu kabupaten kuantan singingi

    eits,,,, kok promosi........
    kabur.............

    BalasHapus
  8. Itulah Riau...nuansa dan cita rasa...khas, identik, dan menonjol...Kita buktikan bahwa kita sesungguhnya Blogger RIAU...."riau dihamparan maya"

    BalasHapus
  9. maka dri itu kita harus memajukan blogger RIAU
    supaya orang lain taw RIAU itu

    BalasHapus
  10. apa kabar mas?
    smga baik2 aja ya

    thanks

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)