Spiga

Sejarah Flash Disk

USB flash drive (disk) memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket. (Itu kada Wikipedia...)

Bagi sebagain Blogger, khususnya yang bermain dari warnet, flash disk sangat penting sekali. Saya aja bisa linglung seharian kalau tidak bawa flash disk karena memang sering online, jika tidak membawanya seperti ada yang kurang. Sama halnya tidak membawa dompet dan HP ketika pergi kuliah atau jalan-jalan.

Beberapa hari yang lalu, 7 Maret, Saya kehilangan flash disk. Dalam blogging flash disk merupakan nyawa ketiga bagi saya setelah nyawa saya sendiri dan koneksi internet. Maka jangan heran ajarak antara tulisan ini dengan tulisan sebelumnya cukup mencuat.


Dimanalah rasanya flash disk itu tercecer, entah tinggal di kantor lalu raib atau jatuh di tengah jalan menuju Rumbai untuk mengahadari partai final Honda DBL 2009, tapi yang jelas sekarang saya sudah pasrah.

Memang sempat terpukul, bayangkan semua data penting ada disitu. tak kurang ada empat belas (14) password untuk login ke beberapa account, hosting, domain, blog, social network yang banyaknya bukan main. Nah, yang paling fatal adalah password hosting dan password login XpresiRiau.Com (platform wordpress) yang pakai auto generate, banyak variablenya dan sulit dihafal passwordnya.

Matilah saya, apalagi kalau yang menemukan flash disk itu orang yang bakat hacker dan cracker, habislah semua.

Ya sudah lupakan, sejenak mari kita kembali ke sejarah flash disk, tapi kali ini flash disk yang pernah ada di tangan saya.

Pertama kali punya flash disk kalau tidak salah mereknya itu.... (aduh apa ya?) lupa yang jelas kapasitasnya 512 MB. Yang pertama ini paling rentan diserang virus, maklum belum tahu apa-apa. Waktu itu juga belum lahir PCMAV untuk menghanguskan virus Brontok dkk.

Flash disk saya yang kedua lebih canggih karena multi fungsi. bayangkan dengan kapasitas 1 GB, bisa dengerin MP3, rekam suara (untuk wawancara), nonton video dan main game. Umurnya tak lebih dari satu tahun. Nah, yang terakhir, yang barusan hilang ini berkapasitas 2 GB merek Toshiba. Sejak memiliki flash disk ini (sudah hampir satu setengah tahun), saya rajin ngeblog dan ke warnet (serta kadang-kadang jadi merasa sexy :>), karena itu pula rata-rata seperenam uang jajan bulanan habis di warnet.

Untuk saat ini belum niat beli flash disk baru, untuk sementara minjam flash disk Mbak-ku dulu. Kawan-kawan.. do'akan cepat dapet kiriman lagi ya, royalti kumpulblogger saya sudah hampir bisa diklaim tuh...


Artikel dan Cerita lainnya



13 komentar:

  brown sugar

10 Maret 2009 11.22

Duhhhh...duhhh...mas begimana bisa ilang....mane ade passwordnya pula.....duhhh duhhh ikutan paleng mas dengernya...moga moga aja ilangnya kecebur got jadi rusak ga disalah gunakan bagi yg nemu....bes FD pan kecil....

  Atca

10 Maret 2009 12.10

hiks...habis kecil yah...jadi suka nyelip-nyelip biasanya...aku dah ganti flash dish berapa aja...

  Hendrawan

10 Maret 2009 12.12

@brown sugar: Semoga begitu tapi, kalau tidak yang nemuin mau ngembaliin...

  Sang Penyamun

10 Maret 2009 16.29

Beli baru aja bro.. gampang kan...


hahaha...

  www.katobengke.com

10 Maret 2009 17.35

ya ilahh....
aq kirain sejarah flash disk pertaa kali muncul atau yang pertaa kali buat
ternyata.....
hanya sejarah tentang pertama kali kamu memiliki flashdisk......

  sibaho

10 Maret 2009 20.28

dulu flash disk dipake buat gaya, dikalung-kalungin di leher. padahal kap. cuma 128mb...

  sunardi

12 Maret 2009 12.09

Seperti biasa. Kita baru merasa membutuhkan saat kehilangan.

Makanya jagalah selagi bisa memiliki dan menikmatinya. Karena kehilangan itu tidak enak rasanya.

  hanna

13 Maret 2009 01.32

beli lagi aja...flashdisk murah2 kok sekarang heheh

  riauku

13 Maret 2009 10.13

sekarang dag murah koq mas kapasitasnya gede lagi

  my blog

15 Maret 2009 20.20

berarti da takdir tuch mas

ikhlaskan aj lah....

toch brang yg ilang g akan blik kecuali org yg nemuin tu barang org baik

  Heryan Tony

28 Maret 2009 20.59

OK, bang

  iroel

6 April 2009 11.59

kirain gw asal mu asal flasdisk,..... katro-nya gw......
klo ga sala asal mu asal flasdisk HP yg ngeluarin buat gantiin disket yg notabene HP mengeluarkan brand PC tanpa pc lagi, disitulah flasdisk di keluarkan,,,,,

Beruntung Hp ga minta Royalty atas ciptaannya yg satu ini,...klo ada buset dah harganya,....

  iroel

6 April 2009 12.00

sorry ralat tanap disket lagi bukan tanapa pc lagi sorry

Poskan Komentar

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)