Minggu, 10 Mei 2009

5000 Pageviews/Hari, CPU Usage Putus!

Kapan kita merasa sangat sedih? ketika kegembiraan yang sudah lama dinanti dalam kesedihan lenyap dengan segera, seketika. Saya belum pernah kasih bocoran tentang blog pengganti Xpresi lama yang bermain di wordpress padahal dulu sempat janji. Mungkin ini karmanya karena janji tidak ditepati.

Blog yang bermain di wordpres itu adalah Xpresi Riau Pos baru (XpresiRiau.Com). Pertama kali register pada 6 Januari awal tahun lalu, ya baru mau masuk enam bulan. Namun perkembangannya dahsyat, hingga tiga hari lalu sebelum di suspanded oleh penyedia hosting pada Selasa (5/5) lalu.

Kenapa di suspanded?
Yah apa lagi kalau tidak sesuai dengan judul tulisan ini, pengunjung blog itu meledak!,pengunjungnya pernah putus hingga 2500 orang perhari (kurang dikit dengan pengunjung blog kang Rohman) dan pageviews-nyapun melambung hingga 5500 pageviews perhari.

Masalahnya penyedia jasa dimana blog XpresiRiau.Com bernaung tidak mampu menerima pemaikain CPU Usage-nya. Pihak pengelola bilang:

"CPU Usage situs Anda tertinggi di server dan memperlambat kinerja situs lain di server kami"

Mereka (penyedia hosting) tidak dapat mentolerir hal ini, XpresiRiau.Com sebenarnya sudah dua kali di suspanded, pertama kali terjadi Sabtu (30/4) lalu. Namun pada waktu itu mereka masih memberi toleransi dan mengaktifkan kembali "master piece" saya dan sayapun berdoa agar pengunjung menurun sedikit menjelang ketemu solusi.

Harus Pindah ke VPS
Pihak hosting merekomendasikan saya pindah ke layanan VPS, layaknya, blog seumur jagung saya itu, punya server sendiri, Gila!. Bayangkan, pemasukan blog itu tidak ada saya harus bayar 150.000/bulan. Saya-pun mencari-cari hutang di sana-sini untuk mengatasinya, ya mau bagaimana lagi? pengunjung nggak dapat ditolak ya nggak?

Nasib-nasib, pinjaman tak dapat, XpresiRiau.Com pun di suspended. Hingga tulisan ini dipublikasikan, pihak penyedia hosting belum saya kontak sama sekali, padahal data-datanya sedikitpun saya backup haram! (maksudnya, 1 byte-pun tidak saya backup).

NB: Bandwidth dan CPU Usage adalah berbeda. dan saat ini pageviews nya udah turun bersamaan karena sempat disuspanded selama tiga hari berturut-turut. Semoga naik lagi..

9 komentar:

  1. wah, bisa gawat juga ya kalo trafik tinggi

    BalasHapus
  2. trafik tinggi susah, sedkit juga sussah,hehe

    BalasHapus
  3. apa kabar hendra
    wah rame sekale blognya
    mantab

    BalasHapus
  4. Hahahaha... pada nyari keyword apa tuh sampe ribuan pengunjung per hari. |curiga.com|

    BalasHapus
  5. wah...blogku lagi ngga keurus nih..lagi super duper sibuk didarat...ngga kepikiran traffik lagi..

    BalasHapus
  6. tukeran link yuk…. aku izin pasang duluan link abg di blog ku…ya….

    BalasHapus
  7. Wow, dahsyat sekali sampai meledak page viewsnya, coba upgrade ke VPS atau Dedicated Server bos :D

    BalasHapus
  8. jadi pengen kebanjiran pengunjung kaya artikel di atas,tapi gimana caranya,bagi ilmu please

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)