Rabu, 05 November 2008

Barack Obama Menang, Apa Untungnya Indonesia?

Barack Obama Menang, Apa Untungnya Indonesia?Akhirnya kandidat Presiden Amerika Sarikat, Senator Barack Obama Menang juga pada pemilihan presiden Amerika 2008 yang berlangsung pada 4 NOvember waktu setempat. Setelah diumumkan pada malam pemilihan atau pada petang ini waktu Indonesia Barat, Senator Amerika keturunan Afrika ini akan memimpin negaranya mulai 20 Januari 2009 hingga 4 (empat) tahun mendatang.

Lalu apa untungnya bagi kita, negara Indonesia?, akan berdampak signifikankah. Mungkin sebagian dari kita berharap, dengan pernahnya Barack Obama ini merasakan kehidupan di Indonesia, maka sedikit banyak dia - sebagai Presiden Negara Adidaya - mengingat hal itu dan kita mendapat keberpihakan dalam beberapa hal. Segi politik ataupun ekonomi, realistis?.

Walau bagaimanapun Obama tetaplah warga Amerika dengan haluan demokratnya, mungkin saja dia tidak lagi mengingat bahwa dia pernah jadi anak angkat orang Indonesia, tinggal dikawasan kumuh Jakarta, mungkin tidak lagi ingat teman-teman kelas semasa SD-nya atau bahkan dia 'mungkin' tidak ingat lagi siapa dulu wali kelasnya. kita hanya berharap dia hanya lupa dilisan tapi tidak di hati.

Tidak bisa dipungkiri, hampir seluruh dunia menyambut kemenangannya termasuklah presiden SBY. Dengan hasil pemilihan ini Barack Obama memecahkan dua rekor sekaligus: sebagai calon presiden kulit hitam pertama dan presiden kulit hitam pertama Amerika.

Saya mengakui sejak dia ikut masuk bursa pemilihan calon presiden Amerika dari partai demokrat, saya mulai serius memperhatikannya. Kenapa? dia muda, saya ingin melihat presiden Amerika yang berkulit hitam selagi saya masih hidup. Obama adalah orang kulit hitam paling berpengaruh di Amerika sejak Abraham Lincoln membebaskan perbudakan terhadap kulit hitam puluhan tahun lalu dari negara paman sam itu. Kita hanya bisa bersama-sama berharap, terpilihnya Barack Obama membawa dampak baik bagi Indonesia, dunia dan yang paling penting membawa dampak baik bagi negara-negara timur-tengah dan negara-negara muslim.

8 komentar:

  1. akhirnya tercatat dlm sejarah presiden AS adalah seorang kulit hitam. rasanya seperti mimpi. mendiang martin luther king tentu senang banget melihat pencapaian ini.

    bukan cuma AS, tapi dunia juga sepertinya bergembira dg terpilihnya obama. penasaran nih nunggu kebijakannya selanjutnya. mudah2an kepercayaan pasar bisa membaik sehingga krisis bisa terkoreksi.

    utk tahun pertama pemerintahannya keliatannya obama akan lebih fokus kpd kondisi ekonomi dlm negeri AS yg lagi morat-marit. setelah itu baru mengembangkan hubungan bilateral dan multilateral yg lebih baik (mudah2an) temasuk dg indonesia

    BalasHapus
  2. Change....we need !!

    lama ga mampir nih :)

    BalasHapus
  3. hore...dia terpilih....tepuk tangan anak anak*hi.hi..*

    BalasHapus
  4. Mudah mudahan om obama bisa benar benar menghapuskan ciri khas amerika yang suka perang.uehehehehe.

    peace yo :)

    BalasHapus
  5. mudah - mudahan obama bisa nolongin indonesia dari kemiskinan he..he..he

    BalasHapus
  6. jangan bergantung sama orang laen kali yah kang..klo indo jangan terlalu bergantung pada amrik yah, tp mo gimana lagi..pemerintah yg tergantung sama amriknya..wong rakyat ga ada kok..hehehehe

    BalasHapus
  7. gak tau, jadi aneh ngeliat banyak artis, pejabat,guru, tukang sate, yang ephoria, sebagian karena 'merasa' pernah ikut main bareng mr. obama waktu di menteng.

    padahal si mister bilang 'emang guweh pikirin'

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)