Senin, 22 Desember 2008

(Kalau) Golput Haram, Kacau Nih..

Seperti yang telah sampaikan Hendrawan itu paling doyan golput (golongan putih, katanya..). Lah, baru-baru ini terendus oleh saya ada yang ingin atau bermaksud menfatwakan golput haram, kan kacau.. orang bilang golput itu juga sebuah pilihan. Akhirnya menuai kontroversi-lah masalah ini. Karena merasa agak ketakutan saya-pun melakukan riset kesana-sini di internet, nah dapatlah fakta-fakta tentang Fatwa GOLPUT HARAM berikut ini:

Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid: "Saya menyarankan agar dibuat fatwa antara MUI, NU dan Muhammdiyah agar mengeluarkan fatwa haram bagi golput. Peran serta umat sebagai pemilih sangat tinggi dan penting."

- Ketua PBNU KH Masdar F Mas`udi: Fatwa Golput Haram Tak Relevan.
- Gusdur: Nggak Usah Fatwa Golput Haram.
- Hasyim Muzadi : "Ya, saya setuju (Golput Haram,red)."
- PPP: Dukung Fatwa Golput Haram.
- Bawaslu: Dukung fatwa haram golput.

Karena tidak puas dengan hasil diatas, maka saya pun merayap ke detikforum dan hasilnya:

Habislah KPU dicerca.

Intinya Golput itu haram hanya - baru - wacana, belum ada keseriusan untuk kesana. Majlis Ulama Indonesia (MUI) aja bilang begini: "Jangan semua dibawa ke agama. Nabi bersabda, kamu itu lebih tahu soal duniawiyah. Soal agama itu dari Allah dan Rasulnya, tetek bengek soal dunia, politik, diteliti dulu, dan nggak harus difatwakan. Nanti MUI memfatwakan angin, MUI khawatir fatwa bisa menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal," seperti yang diudarakan Detik.com.

11 komentar:

  1. walah kok ada haram haraman ya?halal aja deh..*gubrak!*

    BalasHapus
  2. Begitu-lah Islam, orang-0orang non-muslim jadi miris melihat, mendengar dan merasakannya..

    Semoga semuanya diberi petunjuk dan hidayah..

    BalasHapus
  3. wah kalau saya sih ikuti kata hati saja...
    kalau ada yang pas untuk dipilih...ya milih

    BalasHapus
  4. Masih ada juga yang halal ya...hehehe

    BalasHapus
  5. MUI bikin fatwa yang urusan politik, hanya untuk mendongkrak kans partai dengan basis massa (mayoritas muslim) tahun depan. Toh sudah rahasia umum koq, gak satupun partai dengan basis massa (mayoritas muslim) punya pemimpin yang "pure" dengan misi nya. Naudzubillah

    BalasHapus
  6. haram halal kan udah ada tuntunan nabi. bwt apa
    hadis : ... kullu bid'atin dlolalah?
    pemilu emang amalan baru ya?

    BalasHapus
  7. duh..aduh...
    ternyata kerjaan MUI hnya ky gtu!!!
    mendingan di bubarin adjah...habis-habisin duit negara adjah!!!!!

    BalasHapus
  8. saya kurang setuju jika golput itu haram !!! misalnya !! jika yang mo dipilih penjahat semua !! mas kita kita harus tetap memilih karena takut haram !! enggak bener itu !! golput adalah sikap politik juga yang harus dilindungi !! yang haram itu adalah politikus nakal !!

    BalasHapus

Apa Komentar Anda? dan coba jelaskan mengapa tidak berkomentar.. (don't do spam yach ^_^)